Selasa, 18 Juni 2013 , 20:26:00 WIB

Tech and Tips: Guitar Care And Maintenance

mygearforum.com, Jakarta. (18 Juni, 2013) -- Okay, lu punya gitar, dan mungkin punya beberapa gitar. Misalkan gini, lu jarang maenin salah satu atau salah dua. Gitar lu ampir ga pernah keluar kamar. Cuma lu doang yang maenin dan lu ngga minjemin gitar lu  (yang nulis artikel ini juga ngga minjemin gitarnya sih, hehe...karena kebanyakan balik ke gue pasti ada yang rada ngga wajar di gitar gue) Jadi logikanya, itu gitar ngga perlu diapa2in kan? Cukup taruh aja di hardcase  dikamar (again, yang belom punya hardcase, ngga ada salahnya lu punya hardcase).

SALAH BESAR!

Berikut adalah beberapa tips untuk perawatan gitar dan agar gitar lu selalu dalam keadaan siap tempur. Gitar yang keadaan terawat akan menambah performa si pemain.

INTONATION, atau INTONASI.
Kalo lu genjreng chord C atau E, padahal udah disetem dengan tuner tapi ada not yang fales, kemungkinan gitar lu terkena masalah intonasi. Perbaikannya kecil dan sebaiknya serahkan ke luthier. Bilang aja mau set up intonasi.

FRET BUZZ Dan DEAD FRETS
Coba maenin satu persatu senar sepanjang fret gitar lu. Jika lu mendapati ada yg sound nya cempreng seperti Sitar India, kemungkinan besar lu memerlukan fret crowning dan leveling. Kondisi Dead Frets itu seperti begini...lu tekan senar 3 di fret 20. TAPI fret 21, fret 22, fret 23 kok suaranya SAMA? Luthier yang ngerti tau mesti diapain.

Akan tetapi, kalo gue pribadi cenderung ngebiarin sedikit ada Fret Buzz selama ngga mempengaruhi sustain. Karena, buzz dari senar tersebut akan diterjemahkan oleh overdrive menjadi sound tambahan.

NECK BOW ADJUSTMENT
Truss Rod adalah besi melintang sepanjang neck guitar. Gue merekomendasikan kalo lu ngga ngerti sama sekali, gue sarankan jangan macem-macemin itu Truss Rod atau gitar lu bisa almarhumah. dan serahkan ke luthier profesional. Truss Rod adalah besi yang mengatur kadar lengkung neck guitar. Dari sini, lu bisa menentukan apakah gitar lu terasa menyakitkan sehingga jari-jari  lu nambah kapalan? Mungkin ketinggian senar ke neck terlalu tinggi. Atau mungkin lu menginginkan neck yang super licin dan ceper buat ngebut-ngebut? lu perlu penyesuaian neck dan mengatur kadar BOW neck.

Pengalaman pribadi, gue pernah dapet gitar yang mulus banget dan 5 tahun ngga pernah keluar kamar kata si penjual. waduh, potensionya beku, ga bisa muter. dan...wew, neck nya bengkok. untung bisa dilurusin. (Ini bukan tips buat nawar ye)

Jadi gitar kalo didiemin pun perlu perawatan.

HUMIDITY
Kita tinggal di daerah tropis. Bisa dibilang ada kelebihan dan ada kekurangannya. Bila di daerah empat musim, gitar kita akan dan harus melewati musim panas, musim dingin, musim gugur dan musim semi. Udara nya lembab dan membawa air, basah. Dan bila dingin temperatur bisa dibawah enol derajat celcius. Gitar kita mesti merasakan perubahan-perubahan suhu selama empat macam musim itu.

Tapi daerah tropis, gitar kita cuma lewat musim panas dan musim hujan...asiiiik, aman dunz???...ndak, mas bro. ada ancaman jamur (putih-putih di fretboard). Ini biasa menyerang gitar-gitar dengan rosewood fretboard. Cukup punya hardcase kering dan DESSICANTS (atau Silica Gel packs), seharusnya aman. Kecuali, hardcase lu sendiri udah bawa bibit jamurnya dan kalpanak ngga bisa memecahkan problem ini. Untuk rosewood fretboard, lu bisa bersihin dengan beli pledge oil untuk furniture di supermarket.

SCRATCHY POTS And SCRATCHY SWITCH.
Knobs dan switch gitar menampung debu. Kalo lagi diputer-puter atau ganti pickup position kalo ada bunyi kresek-kresek, bila memungkinkan masih bisa di bersihkan dgn WD40. Tapi kalo output suaranya udah kecil banget (ngga kresek-kresek), udah saatnya ganti potensio dan ganti switch.

Pembersihan gitar secara berkala atau saat body gitar dan neck gitar udah keliatan kotor sangat dianjurkan.

Dan gantilah senar kalo suaranya udah aneh atau berubah. Dan FYI, biasa gitar kalo ganti senar, intonasi juga akan berubah sedikit.

Oleh Hari Suryatmoko
hari@mygearforum.com


Write A Comment

Video

Social Network